Energi Terbarukan Solusi Energi Masa Depan

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Listrik Dibaca: 22331 Tanggal: 21-07-2020
Hampir semua industri dan aktivitas keseharian tidak bisa lepas dari ketergantungan terhadap energi yang tidak terbarukan. Bahan bakar berjenis minyak mempunyai batas pakai karena jumlahnya yang terbatas dan tidak akan bisa di produksi kembali. Eksploitasi sumber daya minyak yang terlalu besar dan cepat akan membuat suplai dari bahan bakar menjadi lebih cepat habis dan mungkin tidak akan menyisakan banyak untuk anak dan cucu Anda kelak.

Salah satu cara yang saat ini sedang banyak dicoba adalah dengan menggunakan energi terbarukan. Energi terbarukan merupakan salah satu bentuk energi alternatif yang bisa dipakai sebagai energi utama untuk hidup sehari – harinya. Energi terbarukan sendiri banyak macamnya dan pengaplikasiannya juga sudah mulai banyak bisa ditemui di mana saja.

Energi yang terbarukan merupakan sebuah opsi lain atas pengembangan dari berbagai sumber daya yang sudah ada. Karena semakin tingginya permintaan atas energi akhirnya membuat peneliti terus mengembangkan sumber daya yang bisa terus digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa harus takut untuk habis jika digunakan.

Dilansir dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, konsep dari energi yang terbarukan sendiri baru mulai dikenal secara luas pada tahun 1970-an. Kemunculan dari energi yang terbarukan merupakan sebuah antitesis atas pengembangan dan penggunaan energi yang tidak terbarukan secara masif dan besar – besaran. Selain mempunyai kemampuan untuk bisa dibuat dan dipulihkan kembali, energi yang terbarukan ini dipercaya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi polusi lingkungan karena sifatnya yang jauh lebih bersih dan aman bagi lingkungan.

Tren energi yang terbarukan saat ini terus semakin gencar dikembangkan hingga akhirnya beberapa negara di dunia sudah mulai meninggalkan energi yang tidak terbarukan secara perlahan dan pasti. Indonesia sendiri juga sudah semakin mengedepankan teknologi yang ramah terhadap lingkungan dan minim untuk menggunakan energi yang tidak terbarukan.

Kelebihan Energi Terbarukan

Sesuai dengan namanya, energi yang baru dan terbarukan akan bisa selalu dipakai oleh manusia tanpa harus khawatir jumlahnya akan berkurang dengan cepat. Dilansir dari Kelas Pintar, energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi alternatif yang dikenal atas keramahannya terhadap lingkungan karena tidak menghasilkan limbah dan emisi yang berbahaya bagi keberlangsungan makhluk hidup lainnya.

Energi yang terbarukan juga bisa didapatkan secara gratis seperti sumber daya matahari ataupun air yang mengalir secara terus menerus dan tidak diperlukan sebuah investasi dengan jumlah yang besar agar dapat mengolah sumber daya terbarukan tersebut agar bisa menjadi sebuah energi yang bisa Anda gunakan setiap harinya.

Jenis Energi Terbarukan

Di sekitar kita terdapat banyak jenis sumber energi terbarukan yang bisa Anda manfaatkan dengan pengolahan yang sederhana. Energi yang terbarukan ini bisa membuat manusia menjadi punya pilihan terbaik untuk menopang hidupnya. Di bawah ini merupakan beberapa jenis energi yang terbarukan dan membutuhkan biaya yang minim agar bisa diolah menjadi energi yang bisa dipakai.

1. Biofuel

Biofuel merupakan bahan bakar hayati yang dihasilkan dari hasil olahan berbagai bahan organik. Umumnya, sumber dari bahan bakar hayati berasal dari hasil olahan tanaman yang mempunyai kandungan gula yang tinggi seperti tebu dan berbagai jenis tanaman dengan kandungan minyak nabati tinggi seperti kelapa sawit dan jarak. Biofuel saat ini sudah semakin banyak digunakan dan secara perlahan akan menggantikan bahan bakar fosil yang tidak bisa diperbarui.

2. Tenaga Angin

Angin merupakan salah satu sumber energi yang bisa terus diolah dan dimanfaatkan agar bisa menjadi sumber tenaga listrik. Pada tempat yang lapang dan mempunyai angin kencang bisa dibangun turbin pembangkit tenaga listrik yang digerakkan oleh angin. Angin mempunyai sifat yang akan terus bergerak dan tidak akan menimbulkan emisi dan limbah sama sekai. Angin bisa menjadi sebuah energi alternatif yang baik meskipun sifatnya yang cenderung terus berubah sesuai dengan kondisi musim dan lingkungan.

3. Tenaga Air Yang Mengalir

Sejak dahulu kala, air yang mengalir sudah digunakan sebagai sumber energi terbarukan meskipun pemanfaatannya masih sangat terbatas. Saat ini tenaga air yang mengalir digunakan sebagai pembangkit listrik karena mampu menghasilkan gaya dorong yang bisa menggerakan turbin dari pembangkit listrik tersebut.

Tidak hanya di sungai saja, sumber tenaga air yang mengalir juga bisa ditemukan dengan mudah dengan menggunakan arus dari air laut yang akan terus bergerak setiap saat. Sumber energi terbarukan yang mengandalkan tenaga air yang mengalir lebih sering dimanfaatkan karena sifatnya yang lebih stabil dan akan terus bergerak. Investasi yang dibutuhkan juga jauh lebih kecil sehingga bisa menghasilkan sumber daya listrik yang banyak bagi manusia.

4. Matahari

Sumber energi terbarukan yang paling umum ditemukan berasal dari tenaga matahari. Matahari atau energi surya menjadi banyak digunakan karena mudahnya untuk mendapatkan akses sinar dan radiasi panas dari matahari. Agar energi matahari bisa dimanfaatkan maka Anda akan membutuhkan panel surya yang bisa merubah panas dan radiasi menjadi energi listrik yang akan menghidupi rumah tangga Anda.

 

Untuk mengurangi penggunaan energi yang tidak terbarukan Anda bisa memulainya sendiri langsung dari rumah Anda. Mulailah terlebih dahulu dengan cara mengganti bohlam rumah Anda dengan menggunakan lampu LED yang lebih hemat listrik sekaligus mengurangi penggunaan daya listrik. Cara berikutnya yang paling umum digunakan adalah dengan memasang dan menggunakan panel surya pada rumah Anda.

Pemasangan panel surya bisa dilakukan pada atap rumah Anda agar hasilnya bisa menjadi maksimal dan mampu untuk menampung banyak daya dari matahari. Hasil listrik yang didapatkan dari panel surya bisa Anda manfaatkan untuk berbagai peralatan yang minim akan energi sekaligus mengurangi pemakaian listrik yang tidak perlu.


Tag: