menu clear

Berita

21 Feb

CSR PT. Prima Teknik System Berupa Bantuan Modal Usaha Untuk Pelaku Usaha Kecil

Oleh: Muhammad Arief Kategori: CSR

Bagi para pelaku usaha keci, memperoleh modal usaha dari pemerintah merupakan sesuatu yang sangat diharapkan guna menunjang persiapan melaksanakan usaha yang akan dirintis. Upaya yang paling tepat adalah dengan mendorong usaha kecil di Indonesia dengan cara memberikan bantuan pembiayaan usaha. Ada berbagai bentuk program bantuan modal usaha yang selama ini sudah berjalan, akan tetapi masih banyak masyarakat kecil yang belum memahami tentang bagaimana cara memperoleh modal usaha dari pemerintah tersebut.

Baca Selengkapnya
08 Oct

Sambut Revolusi Industri 4.0, Kementerian ESDM Dorong Perubahan Di Ketenagalistrikan

Oleh: Muhammad Arief Kategori: ESDM

Kehadiran revolusi industri 4.0 akan memengaruhi pengembangan sektor ketenagalistrikan. Hal itu sejalan dengan pesatnya teknologi Information and Communication Technologies (ICT) yang meningkatkan interaksi dan konektivitas. Sekretaris Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Munir Ahmad mengatakan, menghadapi kondisi ini, semua pihak sesuai dengan perannya masing-masing harus menyiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di sektor ketenagalistrikan.

Baca Selengkapnya
03 Oct

Perbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik, Menteri ESDM Minta Pemerintah Daerah Ikut Fasilitasi

Oleh: Muhammad Arief Kategori: ESDM

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan sebagai payung hukum bagi kendaraan listrik. Dengan adanya payung hukum pengembangan kendaraan bermotor listrik (KBL) ini didorong adanya penyediaan infrastruktur pengisian bagi KBL berbasis baterai, yang meliputi fasilitas pengisian ulang (charging).

Baca Selengkapnya
26 Feb

Sistem PTS Sudah Mengadopsi API SLO DJK Versi 3.1

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Ditjen Gatrik (DJK)

Sehubungan dengan perlunya evaluasi pelaksanaan pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik yang baru, maka Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan merilis API versi 3. Sosialisasi perubahan ini sudah dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2019 di Ruang Rapat Arismunandar Gedung Utama Lantai 4, Ditjen Gatrik, Jl. HR Rasuna Said Blok X-2 Kav 07-08.

Baca Selengkapnya
03 Nov

Safety Culture Sektor Ketenagalistrikan Perlu Ditingkatkan

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Ditjen Gatrik (DJK)

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan mengenai penyebab kebakaran pada instalasi ketenagalistrikan dan mitigasinya, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Munir Ahmad membuka acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Kebakaran Pada Instalasi Ketenagalistrikan: Penyebab Dan Mitigasi" di Tangerang (24/10).

Baca Selengkapnya
03 Nov

PJB Connect 2018: Digitalisasi untuk Sektor Ketenagalistrikan yang Lebih Efisien

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Ditjen Gatrik (DJK)

Penggunaan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan mampu memaksimalkan nilai penting dalam pengembangan sektor ketenagalistrikan. Digitalisasi tidak hanya mampu meningkatkan performa keuangan -baik dari sisi keuntungan operasi dan efisiensi modal- namun ke depan akan memberikan nilai lebih kepada konsumen atas keterjangkauan harga, keandalan suplai, kepercayaan, dan kepuasan.

Baca Selengkapnya
03 Nov

Digitalisasi Untuk Efisiensi Ketenagalistrikan

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Listrik

Pada era digital sekarang ini, sektor ketenagalistrikan dituntut untuk ikut berbenah. Konsumen listrik akan semakin cerdas untuk memanfaatkan listriknya se-efisien mungkin. Untuk itu pemerintah dengan dukungan dunia pendidikan seperti Universitas berkomitmen mengantisipasi perkembangan digitalisasi tersebut.

Baca Selengkapnya
02 Nov

Rasio Elektrifikasi 2017 Melebihi Target

Oleh: Muhammad Arief Kategori: ESDM

Capaian Rasio Elektrifikasi, yaitu perbandingan jumlah rumah tangga yang berlistrik dengan total rumah tangga di tahun 2017 melampaui target yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Tahun 2017 lalu, rasio elektrifikasi sampai dengan Desember 2017 mencapai angka 95,35%. Angka ini melebihi target rasio elektrifikasi yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian ESDM yaitu 92,75%. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng pada konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (10/1).

Baca Selengkapnya
08 Oct

Upaya PLN Jaga Bali Tak Mati Lampu Saat Pertemuan IMF-Bank Dunia

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Listrik

PT PLN (Persero) berupaya menjaga kehandalan pasokan listrik saat Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Direktur PLN Jawa Bagian Timur Bali Nusa Tenggara (JTBN) Djoko Rahardjo Abimanan mengatakan, PLN telah mengamankan pasokan dari pembangkit untuk sistem kelistrikan di Bali.

Baca Selengkapnya
06 Oct

PLTU 2 Amurang Perkuat Sistem Kelistrikan Sulawesi

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Pembangkit Listrik

Sistem kelistrikan Sulawesi, khususnya sistem Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo semakin andal. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng meresmikan beroperasinya PLTU 2 Amurang (2x30 MW), Rabu (3/10). Pembangkit listrik ini disewa PT. PLN (Persero) dari PT Mega Daya Tangguh di kawasan kompleks pembangkit PT PLN (Persero) Amurang Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Baca Selengkapnya