Digitalisasi Untuk Efisiensi Ketenagalistrikan

Oleh: Muhammad Arief Kategori: Listrik Dibaca 1878
Pada era digital sekarang ini, sektor ketenagalistrikan dituntut untuk ikut berbenah. Konsumen listrik akan semakin cerdas untuk memanfaatkan listriknya se-efisien mungkin. Untuk itu pemerintah dengan dukungan dunia pendidikan seperti Universitas berkomitmen mengantisipasi perkembangan digitalisasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng saat menyampaikan keynote speech pada Seminar Nasional Keluarga Alumni Ketenagalistrikan dan Elektro Universitas Indonesia (Kagatrik UI), Kamis (8/2), di Kampus Fakultas Teknik UI Depok. Acara ini dihadiri perwakilan mahasiswa tidak hanya dari UI saja, namun juga beberapa universitas lain seperti UGM, ITB, UNDIP dan beberapa universitas lainnya.

Menurut Andy, tema yang diangkat panitia yaitu Menyongsong Era Digitalisasi Ketenagalistrikan: untuk Mewujudkan Penyediaan Tenaga Listrik yang Efisien, Berkadilan, dan Berkelanjutan disebut sangat relevan dengan kebijakan pemerintah. Hadir dalam seminar tersebut, Dekan Fakultas Teknik UI dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Abumanan.

Menurut Andy dunia digital memiliki tiga elemen dasar yaitu data dan informasi digital, analisis digital, dan konektivitas. Saat ini PT PLN telah menyikapi perkembangan tersebut dengan membangun pilot project di Bali bernama LoRa yang memungkinkan konsumen listrik dapat memantau kondisi meteran listrik tanpa perlu ke lokasi. "Kemarin saya mengunjungi pilot Project di Bali, (proyek ini) sangat bermanfaat bagi pelanggan PLN," ungkap Andy.

Kedepan, menurut Andy transformasi teknologi ketenagalistrikan termasuk digitalisasi akan berkembang dengan sangat cepat. "Untuk itu kita semua harus dapat mempersiapkan diri dengan baik sesuai dengan tanggungjawabnya masing-masing, agar penerapan teknologi tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran negara dan rakyat kita," tutup Andy.

PT. Prima Teknik System sudah menerapkan perkembangan era digital ini. Kami sudah membangun website resmi perusahaan bisa diakses di https://primatekniksystem.com. Di dalamnya, para pelanggan dan calon pelanggan bisa melihat segala informasi mengenai PT. Prima Teknik System, SLO, serta materi lain yang berkaitan dengan inspeksi ketenagalistrikan.


Tag: